Air Menggunakan Effect Water Dan WarpMask Di Construct 2 Part 2


Assalamuallaikum.wr.wb
Baiklah langsung saja kita lanjutkan pada tutorial sebelumnya yaitu  “air menggunakan effect water dan warpmask di construct 2 part 1”

4 object plugin sprite kalian berikanlah nama yaitu air
Lebar ( width ) : sesuai lebar object plugin sprite yaitu mask_air
Panjang ( height ) : sesuai panjang object plugin sprite yaitu mask_air

Object plugin sprite yaitu air harus berada diatas object plugin sprite yaitu mask_air
Kalian Tambahkan effect yaitu water fungsi dari effect ini agar object terlihat hidup, air akan terlihat bergerak seperti ombak



Pada effect water kalian atur pengaturannya seperti berikut ini



Kalian atur posisi Semua object seperti ini



Object yangwarna coklat muda adalah pijakan, saya hanya copy paste object  saja, pada object pijakan yang saya copy paste dibawah air, object pijakannya harus berada dibelakang object plugin sprite mask_air dan air, tujuannya agar object plugin sprite yaitu mask_air yang memiliki effect warpmask berfungsi, jika hasil copy object plugin sprite yaitu pijakan berada diatas, maka effect warpmask tidak akan berfungsi

Kalian masuklah kedalam event sheet dan buat eventnya seperti ini



Artinya
Event 1, jika object plugin sprite yaitu player bersentuhan dengan object plugin sprite yaitu air
Action, maka object plugin sprite yaitu player gravitasi pada behavior platformnya akan menjadi 1

Event 2, object plugin sprite yaitu player bersentuhan dengan object plugin sprite yaitu air dan object plugin sprite yaitu player sedang melompat
Action, maka object plugin sprite yaitu player ketinggian lompatannya pada behavior platformnya akan menjadi 111

Kalian buatlah event terakhirnya seperti ini



Artinya
Event 1, jika object plugin sprite yaitu player tidak bersentuhan dengan object plugin sprite yaitu air
Action, maka object plugin sprite yaitu player gravitasi pada behavior platformnya akan menjadi 1500

Event 2, object plugin sprite yaitu player tidak bersentuhan dengan object plugin sprite yaitu air dan object plugin sprite yaitu player sedang melompat
Action, maka object plugin sprite yaitu player ketinggian lompatannya pada behavior platformnya akan menjadi 650

Jadi jika object plugin sprite yaitu player berada diluar air maka akan normal kembali, tetapi jika object plugin sprite yaitu player berda didalam air maka gravitasi dan kecepatannya akan berkurang

Selesai, semoga yang saya jelaskan pada tutorial “air menggunakan effect water dan warpmask di construct 2 part 1” dan “air menggunakan effect water dan warpmask di construct 2 part 2” dapat kalian pahami.

Part 1 : https://www.construct-2.com/2018/12/air-menggunakan-effect-water-dan.html
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.construct-2.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment