Kecerahan Di Construct 2

Advertisemen
Assalamuallaikum.wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial construct 2 yaitu kecerahan di construct 2, apa itu construct 2? mungkin ada yang baru mendengarnya, construct 2 ialah engine untuk membuat aplikasi atau game untuk PC, Android dan IOS , engine ini mudah sekali digunakan karena hanya drag & drop saja cocok sekali untuk orang yang tidak mengerti pemprograman.

Buka construct 2 nya pilih new (untuk membuat project baru)



Pilih new empty project (membuat project baru dengan lembar kosong) lalu klik open



Pada lembar kerja kalian akan melihat ukuran layout yang masih belum teratur, atur pada layout sizenya menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px



Kalian atur juga pada window size menjadi
Lebar(width) : 1240px
Panjang(height): 720px



Buatlah 2 layer, layer 0 ubah namanya menjadi layer game dan layer 1 ubah namanya jadi layer gui, pada parallax atur menjadi
Lebar(width): 0px
Panjang(height): 0px
Tujuannya agar object yang berada dilayer gui tidak bergerak

Buatlah 6 object sprite,1 object text dan 1 object plugin touch




Sprite 1 beri nama pijakan (sprite berada dilayer game atau layer 0):
Lebar(width) : bebas
Panjang(height): bebas

Sprite 2 beri nama player (sprite berada dilayer game atau layer 0):
Lebar(width) : 64px
Panjang(height): 64px
Sprite 3 beri nama kecerahan (sprite berada dilayer gui atau layer 1):
Lebar(width) : lebih lebar dari layout size
Panjang(height): lebih panjang dari layout size
Sprite ini yang nanti akan kita gunakan sebagai kecerahan, set opacitynya menjadi 0

Sprite 4 beri nama borderkecerahan (sprite berada dilayer gui atau layer 1):
Lebar(width) : bebas asalkan melebihi object text persenkecerahan
Panjang(height): bebas asalkan melebihi object text persenkecerahan
Berfungsi dibawah text persenkecerahan agar jika kecerahan diatur text tetap terlihat

Sprite 5 beri nama kurangi (sprite berada dilayer gui atau layer 1):
Lebar(width) : 64px
Panjang(height): 64px
Berfungsi untuk mengurangi kecerahan

Sprite 6 beri nama tambahkan (sprite berada dilayer gui atau layer 1):
Lebar(width) : 64px
Panjang(height): 64px
Berfungsi untuk menambah kecerahan

Object text beri nama persenkecerahan ,Aturlah propertiesnya



Aturlah Semua object seperti ini, object kecerahan tidak terlihat karena opacitynya 0



Masuk ke event sheet, Buat global variable dengan:



Nama: kecerahan
Type: number
Value: 100

Buatlah eventnya



Artinya jika kalian klik sprite kurangi dan nilai global variablenya bukan 0, maka global variable kecerahan akan berkurang 1 dan sprite kecerahan akan bertambah opacity sesuai dengan nilai global variable kecerahan ditambah 1

Buat lagi eventnya



Artinya jika kalian klik sprite tambahkan dan nilai global variablenya bukan 100, maka global variable kecerahan akan bertambah 1 dan sprite kecerahan akan bekurang opacity sesuai dengan nilai global variable kecerahan dikurang 1

Buat event terakhir



Artinya setiap waktu, text persenkecerahan akan menampilkan hasil dari nilai global variable yaitu kecerahan

selesai, semoga yang saya jelaskan diatas dapat kalian pahami.
Advertisemen