Mana Dengan Sprite Di Construct 2 Part 2

Advertisemen

Assalamuallaikum.wr.wb
Baiklah langsung saja kita lanjutkan tutorial sebelumnya yaitu “Mana Dengan Sprite Di Construct 2 Part 1”

2 object plugin sprite kalian berikanlah nama turet, object ini yang akan menembakkan peluru
Lebar(width): 99px kalian bisa lebih lebar tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja
Panjang(height): 99px kalian bisa lebih panjang tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja

3 object plugin sprite kalian berikanlah nama peluru, object ini yang akan keluar dari object turret, tambahkanlah behavior bullet dan posisikan object berada diluar layout
Lebar(width): 13px kalian bisa lebih lebar tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja
Panjang(height): 13px kalian bisa lebih panjang tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja

4 object plugin sprite kalian berikanlah nama spritemana, object ini yang akan memberitahu kita berapa sisa mana kita
Lebar(width): 300px kalian bisa lebih lebar tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja, ukuran lebar adalah nilai mana kita
Panjang(height): 24px kalian bisa lebih panjang tergantung keinginan kalian karena ini Cuma contoh saja

Kalian ubahlah imagepoint object plugin sprite yaitu spritemana berada disebelah kiri



Dan aturlah Semua object plugin yaitu object plugin sprite dan object plugin text seperti ini atau kalian punya posisi yang berbeda itu seterah kalian karena ini hanya contoh saja



Kalian buatlah instance variable pada object plugin sprite yaitu spritemana dengan



Nama: mana
Type: number
Value 300 (nilai ini didapat dari lebar sprite yaitu spritemana)

Kalian buatlah eventnya seperti ini


  
Artinya
Event, setiap waktu atau setiap saat
Action, object plugin sprite yaitu spritemana akan mengubah ukuran lebarnya dengan nilai dari instance variable mana yaitu dengan nilai 300

Kalian buatlah eventnya lagi yaitu event terakhir



Artinya
Event, jika kalian sentuh pada object plugin sprite yaitu sentuh
Action 1, maka object plugin sprite bulet akan terspawn pada object plugin sprite yaitu turret
Action 2, maka instance variable yaitu mana pada object plugin sprite yaitu spritemana akan berkurang 10, dan lebar pada object plugin sprite mana akan berkurang 10 juga


Maka akan terlihat saat object sentuh ditekan turret akan menembak,  mana akan berkurang dan sprite pun berkurang



Jika kalian ingin mana kalian bertambah lagi secara otomatis, akan ada pada tutorial "membuat mana dengan sprite bertambah otomatis di construct 2"

selesai, semoga yang saya jelaskan pada tutorial sebelumnya dan tutorial ini dapat kalian pahami.
Advertisemen